Perbedaan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi

Nizaar, Muhammad (2009) Perbedaan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-nizaar-07708251003.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan (2) perbedaan minat belajar IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Dalam proses eksperimen dilakukan pengamatan pada dua kelompok pembelajaran yaitu kelompok eksperimen yang diberi metode pembelajaran eksperimen dan kelompok kontrol yang diberi metode pembelajaran demonstrasi. Populasi penelitian adalah siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sapen di Gowongan dan sebanyak 40 orang siswa dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman konsep IPA siswa yang diajar melalui metode pembelajaran demonstrasi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar melalui metode pembelajaran eksperimen; dan (2) ada perbedaan minat belajar IPA sebelum dan setelah diberi perlakuan. Berdasarkan kategori minat pada kelas eksperimen, kategori minat sangat tinggi sebesar 22.7% siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan, kategori minat tinggi berkurang sebesar 22.7% siswa yakni dari 40.9% menjadi 18.2% siswa, kategori minat rendah bertambah 13.6% siswa yakni dari 9.1% menjadi 22.7% siswa, dan kategori minat sangat rendah bertambah 9.1% siswa yakni dari 27.3% menjadi 36.4% siswa. Pada kelas kontrol, kategori minat sangat tinggi bertambah sebesar 12.5% siswa yakni dari 8.3% menjadi 20.8% siswa, kategori minat tinggi berkurang 4.2% siswa yakni dari 16.7% menjadi 12.5% siswa, kategori minat rendah sebesar 29.2% siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan, dan kategori minat sangat rendah berkurang sebesar 8.4% siswa yakni dari 45.8% menjadi 37.5% siswa. Perbedaan ini menunjukkan bahwa minat siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi cenderung mengalamai peningkatan bila dibandingkan dengan metode pembelajaran eksperimen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2017 07:07
Last Modified: 29 Jan 2019 12:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50153

Actions (login required)

View Item View Item