PENGARUH TANGGUNG JAWAB DAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SD SEGUGUS II KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO, D. I. YOGYAKARTA

Kurniasmi, Istu (2017) PENGARUH TANGGUNG JAWAB DAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SD SEGUGUS II KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO, D. I. YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Istu Kurniasmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab terhadap rasa percaya diri siswa; pengaruh kemampuan interpersonal terhadap rasa percaya diri siswa; dan pengaruh tanggung jawab dan kemampuan interpersonal terhadap rasa percaya diri siswa. Rasa percaya diri merupakan suatu keyakinan bahwa seseorang mempunyai kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam rangka mencapai tujuan tertentu dalam hidup. Rasa percaya diri menjadi modal utama siswa sekolah dasar untuk mengoptimalkan potensinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 183 siswa dan diambil sampel sebanyak 126 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan proportional sample. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data tanggung jawab, kemampuan interpersonal, dan rasa percaya diri siswa yaitu skala psikologi yang berjumlah 132 item. Instrumen ini diujicobakan pada 30 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan korelasi product moment Pearson. Reabilitas instrumen diketahui dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi parsial, uji korelasi ganda, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tanggung jawab berpengaruh signifikan terhadap rasa percaya diri siswa dengan sumbangan sebesar 32,73%; kemampuan interpersonal berpengaruh signifikan terhadap rasa percaya diri siswa dengan sumbangan sebesar 12,08%; tanggung jawab dan kemampuan interpersonal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap rasa percaya diri siswa dengan sumbangan sebesar 44,80%. Kata kunci: tanggung jawab, kemampuan interpersonal, rasa percaya diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Jun 2017 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 14:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50152

Actions (login required)

View Item View Item