Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blog terhadap Kemandirian Belajar, Kreativitas Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Kelas VIII.

Nurhayati, Fitri (2017) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blog terhadap Kemandirian Belajar, Kreativitas Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitri-nurhayati-14705251018.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang belajar menggunakan blog pembelajaran dan siswa yang belajar tanpa blog pembelajaran. (2) Perbedaan kreativitas belajar antara siswa yang belajar menggunakan blog pembelajaran dan siswa yang belajar tanpa blog pembelajaran, dan (3) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan blog pembelajaran dan siswa yang belajar tanpa blog pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian yakni siswa kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang belajar menggunakan blog pembelajaran dan siswa yang belajar tanpa blog pembelajaran diketahui melalui perolehan mean hasil angket kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol 78,90>70,90 dan nilai signifikansi hasil uji-t diperoleh 0,02<0,05 pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat perbedaan kreativitas belajar antara siswa yang belajar menggunakan blog pembelajaran dan siswa yang belajar tanpa blog pembelajaran diketahui melalui perolehan mean hasil angket kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol 78,93>71,37 dan nilai signifikansi hasil uji-t diperoleh 0,03<0,05 pada taraf signifikansi 5% . (3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan blog pembelajaran dan siswa yang belajar tanpa blog pembelajaran diketahui melalui perolehan mean hasil post-test kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol 78,65>70,69 dan nilai signifikansi hasil uji-t diperoleh 0,02<0,05 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Blog, Kemandirian Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jun 2017 06:58
Last Modified: 09 May 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50150

Actions (login required)

View Item View Item