PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG TERGABUNG PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) DENGAN PERUSAHAAN YANG TERGABUNG PADA LIKUID 45 (LQ45) DAN PENGARUHNYA TERHADAP RETURN SAHAM

Hajar, Siti (2017) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG TERGABUNG PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) DENGAN PERUSAHAAN YANG TERGABUNG PADA LIKUID 45 (LQ45) DAN PENGARUHNYA TERHADAP RETURN SAHAM. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SITI HAJAR_13812141015_2.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Earning Per Share, Return On Equity dan Debt to Equity Ratio baik secara parsial maupun simultan terhadap Return Saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2010-2015. (2) Pengaruh Earning Per Share, Return On Equity dan Debt to Equity Ratio secara parsial dan simultan terhadap Return Saham pada perusahaan yang terdaftar di Likuid 45 (LQ45) periode tahun 2010-2015 (3) Perbandingan Return Saham antara indeks JII dan Indeks LQ45. (4) Perbandingan Kinerja Keuangan yang diukur dengan EPS, ROE dan DER antara indeks JII dan Indeks LQ45. Populasi pada penelitian ini adalah 30 perusahaan yang terdaftar pada Indeks JII dan 45 perusahaan yang terdaftar pada indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2015. Sampel penelitian ini sebanyak 30 perusahaan yang terdiri dari 15 perusahaan yang terdaftar di indeks JII dan 15 perusahaan yang terdaftar di indeks LQ45 selama 6 tahun sehingga jumlah data yang diteliti 180 data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, dan penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji ANOVA dan uji Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) EPS dan ROE secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return saham JII. Hal ini ditunjukkan dengan lebih besar dari . Sedangkan DER secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return saham JII. Hal ini ditunjukkan dengan lebih kecil dari . EPS, ROE dan DER secara simultan tidak berpengaruh terhadap Return saham pada perusahaan-perusahaan JII. Hal ini ditunjukkan dengan nilai lebih kecil dari . (2) EPS dan DER secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return saham LQ45. Hal ini ditunjukkan dengan lebih kecil dari dari . Sedangkan ROE secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return saham LQ45. Hal ini ditunjukkan dengan lebih besar dari . EPS, ROE dan DER secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return saham pada perusahaan-perusahaan LQ45. Hal ini ditunjukkan dengan lebih besar dari . (3) Hasil analisis dari uji statistik ANOVA didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara Return Saham perusahaan yang tergabung dalam indeks JII dan perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ45. (4) Hasil analisis dari uji statistik ANOVA didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan berupa variabel EPS, ROE dan DER antara perusahaan yang tergabung dalam indeks JII dan perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ45.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Return, Earning Per Share, Return On Equity, Debt to Ratio Equity, JII dan LQ45.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Jun 2017 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 14:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50148

Actions (login required)

View Item View Item