PENGEMBANGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENERIMAAN KAS PADA UNIT USAHA DI BADAN PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Woro, Sri Andayani (2017) PENGEMBANGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENERIMAAN KAS PADA UNIT USAHA DI BADAN PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prosedur dan pemisahaan tanggung jawab atas penerimaan kas yang telah diterapkan (2) Mengembangkan sistem pengendalian internal atas penerimaan kas pada unit usaha UNYQUA, UNY Auto Care, dan UNY Tour & Travel. Subjek penelitian ini adalah manajer UNYQUA, UNY Auto Care, dan UNY Tour & Travel dan objek penelitian ini adalah fungsi-fungsi, dokumen, catatan, prosedur serta pemisahan tanggung jawab atas penerimaan kas. Metode pengembangan sistem yang digunakan berupa analisis sistem dan desain sistem. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis sistem dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem lama serta untuk mengumpulkan semua informasi yang diperlukan untuk mengembangkan sistem. Tahap desain sistem dilakukan pengembangan sistem berupa pembuatan bagan alir dokumen dan pembuatan dokumen untuk unit usaha. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prosedur dan pemisahan tanggung jawab atas peneriman kas di UNYQUA, UNY Auto Care, dan UNY Tour & Travel belum memadai, dan menunjukkan berapa kelemahan yaitu (a) Belum adanya pemisahaan tanggung jawab di ketiga unit usaha; (b) Ketiga unit tidak memilki rekening untuk menyimpan kas perusahaan; (c) UNYQUA tidak memilki faktur penjualan kredit; (d) Invoice yang dibuat UNY Tour & Travel tidak mencantumkan tanggal jatuh tempo; (2) Sistem pengendalian internal yang dikembangkan menghasilkan (a) Bagan alir untuk ketiga unit usaha; (b) Rekomendasi Faktur Penjualan Kredit dan Lembar Pencatatan Piutang untuk UNYQUA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Sistem, Sistem Pengendalian Internal, Sistem Akuntansi, Penerimaan Kas
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Jun 2017 05:03
Last Modified: 30 Jan 2019 14:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50123

Actions (login required)

View Item View Item