LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1

Galuh Fajar .A., Galuh Fajar .A. (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12. GALUH FAJAR ANGGORO_NIM 13604221001_LAPORAN INDIVIDU_PPL_A040_UNY.pdf

Download (52MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Manfaat dari kegiatan tersebut adalah menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. SDN Lempuyangan I terletak di Jl. Tukangan No.6 Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta. Secara umum, SDN Lempuyangan I memiliki berbagai macam fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran. Kurikulum yang dipakai di sekolah SD N Lempuyangan 1 untuk kelas I dan IV adalah Kurikulum 2013 dan untuk kelas II, III, V dan VI adalah kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kegiatan PPL di SDN Lempuyangan I diawali dengan observasi kondisi fisik sekolah dan proses pembelajaran penjas. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar mata pelajaran penjas di kelas II sampai dengan kelas V sebanyak 8 kali. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi salah satu tugas yang harus dilakukan oleh calon guru penjas sebelum melaksanakan praktik mengajar dilapangan maupun di kelas. Selain praktik mengajar, mahasiswa PPL penjas mendapat kesempatan untuk membantu proses persiapan perlombaan sekolah, mempelajari administrasi guru dan kelas, mendampingi kegiatan ekstrakurikuler, membantu mengelola UKS, memeriahkan HUT RI ke-71, dan membantu kegiatan di perpustakaan SDN Lempuyangan I. Seluruh kegiatan PPL yang berlangsung di SDN Lempuyangan I secara umum berjalan baik dan lancar. Mahasiswa penjas memperoleh pengalaman yang tidak terlupakan dari kegiatan PPL ini. Selain pengalaman, mahasiswa memperoleh manfaat dan tambahan ilmu dari kegiatan PPL ini yang dapat menunjang empat kompetensi guru yaitu pendagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Kegiatan PPL di SDN Lempuyangan I ini berjalan baik dan lancar didasari karena adanya hubungan yang baik antar sesama mahasiswa PPL, antara mahasiswa PPL dengan guru, serta mahasiswa dengan karyawan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, observasi, hasil kegiatan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Jun 2017 03:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50118

Actions (login required)

View Item View Item