Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Kerja Sama Peserta Didik.

Delina, Elfia (2017) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Kerja Sama Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-elfia-delina-15728251019.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran TGT dan Direct Instruction (DI) terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan kerja sama peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA SMAN se-Indonesia yang setara. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Adapun sampel penelitian, yaitu kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran TGT dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran kooperatif. Materi pembelajaran yang diajarkan, yaitu kesetimbangan kimia. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bentuk uraian untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik, angket dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan kerja sama peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu Manova dengan bantuan program SPSS 16.0 PC for Windows. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan penerapan model pembelajaran TGT dan Direct Instruction (DI) terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan kerja sama peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TGT, Direct Instruction, pemahaman konsep, keterampilan kerja sama
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jun 2017 02:31
Last Modified: 09 May 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50114

Actions (login required)

View Item View Item