PERBEDAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DITINJAU DARI ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Feriyanjani, Dewi and Dwisiwi, Rahayu (2017) PERBEDAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DITINJAU DARI ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu untuk mengetahui (1) perbedaan model project based learning dan model direct instruction ditinjau dari keterampilan proses sains peserta didik, (2) perbedaan penggunaan model project based learning dan model direct instruction ditinjau dari peningkatan penguasaan materi hukum newton peserta didik, (3) model pembelajaran yang lebih efektif di antara pembelajaran fisika model project based learning dan model direct instruction ditinjau dari keterampilan proses sains dan peningkatan penguasaan materi hukum newton peserta didik. Desain penelitian ini adalah Quasi Ekseperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Sleman berjumlah 64 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas. Tindakan yang dilakukan berupa penerapan model project based learning untuk kelas eksperimen 1 dan penerapan model direct instruction untuk kelas eksperimen 2. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik dan penguasaan materi peserta didik berdasarkan hasil pre-test dan post-test peserta didik. Instrumen pembelajaran yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, lembar laporan praktikum peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan capaian keterampilan proses sains peserta didik yang mengikuti pembelajaran model project based learning dan model direct instruction dengan nilai signifikansi p(sig(2-tailed) adalah 0.035, (2) terdapat perbedaan peningkatan penguasaan materi peserta didik yang mengikuti pembelajaran model project based learning dan model direct instruction dengan nilai signifikansi p(sig(2-tailed) adalah 0.0003, (3) pembelajaran fisika model project based learning lebih efektif dari pada model direct instruction ditinjau dari keterampilan proses sains dan peningkatan penguasaan materi hukum newton peserta didik. Kata kunci: model project based learning, model direct instruction, keterampilan proses sains,dan penguasaan materi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 21 Jun 2017 05:59
Last Modified: 30 Jan 2019 14:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50111

Actions (login required)

View Item View Item