Penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Terintegrasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Asam dan Basa.

Armelizha, Rizki (2017) Penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Terintegrasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Asam dan Basa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rizki-amelizha-15728251014.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh model PBL terhadap kemampuan terintegrasi dan kemandirian belajar peserta didik; (2) perbedaan antara kemandirian belajar awal dan akhir peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL; (3) perbedaan antara kemandirian belajar awal dan akhir peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 7 Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan memilih dua kelas yang kemudian dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan model PBL dalam pembelajaran kimia materi asam dan basa, dan kelas kontrol dengan menggunakan model direct instruction. Pengumpulan data menggunakan tes integrasi untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains, dan angket untuk mengukur kemandirian belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu One-way manova dan Paired sample test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh model PBL terhadap kemampuan terintegrasi dan kemandirian belajar peserta didik; (2) ada perbedaan secara signifikan antara kemandirian belajar awal dan akhir peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL pada materi asam dan basa; (3) tidak ada perbedaan secara signifikan antara kemandirian belajar awal dan akhir peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model direct instruction.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains, kemandirian belajar, asam dan basa.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 21 Jun 2017 02:04
Last Modified: 21 Jun 2017 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50110

Actions (login required)

View Item View Item