PENGARUH MODEL COOPERATVEF LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SD SE-GUGUS IV KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Noviani, Deni (2017) PENGARUH MODEL COOPERATVEF LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SD SE-GUGUS IV KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Deni Noviani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan interpersonal siswa kelas V SD Se-Gugus IV Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model cooperatif learning tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan interpersonal siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive random sampling sehingga diperoleh SD N 1 Janturan sebagai kelompok eksperimen dan SD N 2 Janturan sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil skala kemampuan interpersonal siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan skala dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan interpersonal siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t-test yaitu taraf signifikansi 0,045<0,05. Kata kunci : Model Cooperative Learning tipe Jigsaw, Kemampuan Interpersonal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2017 10:43
Last Modified: 30 Jan 2019 14:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50100

Actions (login required)

View Item View Item