PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS II A SD NEGERI 1 PEDES SEDAYU BANTUL

Widiyawati, Aprilia Dina (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS II A SD NEGERI 1 PEDES SEDAYU BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Aprilia Dina W.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan strategi menulis terbimbing terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II A SD Negeri 1 Pedes Sedayu Bantul. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimen design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Pedes yang terdiri dari kelas II A sejumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas II B sejumlah 19 siswa sebagai kelompok kontrol. Kedua kelompok tersebut relatif sama atau setara. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis tegak bersambung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes yang telah dikonsultasikan kepada expert judgment dan diujicobakan. Setelah diujicobakan soal yang valid sebanyak 6 soal. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu mendeskripsikan rata-rata, median, modus, simpangan baku, skor maksimum dan skor minimum. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan strategi menulis terbimbing memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II A SD Negeri 1 Pedes. Hal ini ditunjukkan rata-rata pretest pada kelompok eksperimen 61,94 dan pada kelompok kontrol adalah 61,07. Sedangkan rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 80,17 dan kelompok kontrol adalah 61,09 dan selisihnya sebesar 19,08. Dari selisih tersebut dapat diartikan bahwa hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, sehingga disimpulkan bahwa strategi menulis terbimbing memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II A SD Negeri 1 Pedes Sedayu Bantul. Kata kunci: menulis tegak bersambung, strategi menulis terbimbing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2017 10:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50099

Actions (login required)

View Item View Item