IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ALAM BENGAWAN SOLO

Ummah, Adik Nurul (2017) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ALAM BENGAWAN SOLO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Adik Nurul Ummah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai implementasi budaya sekolah berbasis karakter, nilai karakter yang telah membudaya, dan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai karakter di Sekolah Dasar Alam Bengawan Solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode fenomenologi sebagai upaya untuk memahami makna yang sesungguhnya dari suatu fenomena atau kejadian. Subjek penelitian ini yaitu pemilik yayasan, kepala sekolah, fasilitator, peserta didik, orang tua dan masyarakat yang ditentukan dengan teknik porposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan interaktive model menurut Miles, Huberman, dan Saldana (2014) melalui pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi budaya sekolah berbasis karakter di Sekolah Dasar Alam Bengawan Solo tercermin dalam tiga lapisan kultur yaitu nilai dan keyakinan, artifak serta asumsi yang terwujud dalam perwujudan fisik serta perilaku warga sekolah. perencanaan penanaman nilai karakter terintegrasi ke dalam kurikulum sekolah (spider web), pelaksanaan penanaman nilai karakter terintegrasi dalam setiap kegiatan sesuai tema yang telah ditentukan, evaluasi dilaksanakan secara kondisional serta forum fasilitator setiap akhir tema. Nilai karakter dapat dilihat dari lapisan nilai dan artifak dalam perwujudan fisik dan perilaku. Terdapat enam nilai karakter yang membudaya yaitu religius, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan peduli lingkungan. Terdapat faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai karakter yang berasal dari orang tua dan masyarakat. Implementasi budaya sekolah berbasis karakter terintegrasi dalam kegiatan sekolah, dan didukung oleh semua pihak. Kata kunci: budaya sekolah , pendidikan karakter, sekolah alam

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2017 09:54
Last Modified: 30 Jan 2019 14:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50098

Actions (login required)

View Item View Item