PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MONTESSORI UNTUK KELAS V SD NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA

Hadits, Fawzia Aswin (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MONTESSORI UNTUK KELAS V SD NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Fawzia Aswin Hadits.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika bangun ruang dengan pendekatan Montessori yang layak digunakan oleh siswa kelas V SD N Tukangan. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model Borg dan Gall, namun hanya dilakukan dengan 9 langkah yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan awal produk, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tahap studi pendahuluan yaitu peneliti mendapatkan sebuah gagasan untuk membuat modul yang akan dikembangkan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran matematika di lapangan. Hasil tahap perencanaan yaitu susunan materi, alat peraga, dan evaluasi yang akan disajikan pada modul sesuai dengan tujuan pembelajaran setelah mempelajari materi dan menggunakan alat peraga pada modul, siswa dapat menyelesaikan masalah tentang materi bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,958 dengan kriteria “baik”. Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,667 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 2,73 dengan kriteria “baik”. Uji coba lapangan utama yang memperoleh skor rata-rata 2,93 dengan kriteria “baik”. Uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 2,97 dengan kriteria “baik”. Dengan demikian, produk yang dikembangkan yaitu modul bangun ruang dengan pendekatan Montessori termasuk dalam kriteria baik, sehingga layak digunakan sebagai bahan belajar alternatif pembelajaran matematika siswa kelas V SD materi bangun ruang. Kata kunci: pengembangan, pendekatan Montessori, modul pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2017 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 14:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50095

Actions (login required)

View Item View Item