PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI GOLO YOGYAKARTA

Fitria, Aida (2017) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Aida Fitria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa di Sekolah Dasar Negeri Golo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pustakawan; guru kelas II, III, IV, V; siswa kelas II, III, IV, V masing-masing kelas tiga siswa; dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan koleksi dilakukan oleh siswa dengan cara dibaca dan dipinjam. Jenis kegiatan yang dilakukan siswa yaitu mengerjakan tugas, mengerjakan PR, pelatihan lomba, membaca buku dan membuat cerita pendek, 2) faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa yaitu kebutuhan pengguna; motivasi dari guru dan pustakawan; dan jenis dan jumlah koleksi yang dimiliki dan diminati, 3) upaya pustakawan dalam mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan yaitu wajib kunjung, pemberian reward, pelatihan membuat klipping dan mading, lomba-lomba, pustakawan cilik, kunjungan ke Grahatama Pustaka, pojok baca kelas, inventarisasi bahan pustaka, penataan ruang perpustakaan, pembuatan leaflet, dan membaca 15 menit sebelum KBM. Sedangkan upaya guru yaitu melalui pembelajaran, bekerjasama dengan pustakawan, dan pemberian motivasi kepada siswa. Upaya kepala sekolah dengan memberi himbauan kepada guru, melakukan kerjasama dengan pihak luar, dan kebijakan sumbangan buku, 4) faktor pendukung dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan adalah otomasi perpustakaan, dana, dan manajemen perpustakaan yang baik. Faktor penghambat dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan adalah jumlah koleksi buku mata pelajaran tertentu kurang, pustakawan double job, terbatasnya sarana prasarana dan jam kunjung. Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan, siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2017 09:30
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50093

Actions (login required)

View Item View Item