Pengaruh Alat Peraga Kartu Dua Warna Terhadap Hasil Belajar Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri Kaponan Pakis Magelang

Puspitasari, Raidhita Dyah (2017) Pengaruh Alat Peraga Kartu Dua Warna Terhadap Hasil Belajar Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri Kaponan Pakis Magelang. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Raidhita Dyah Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan alat peraga kartu dua warna terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Negeri Kaponan Pakis Magelang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dan desain pada penelitian ini adalah quasi eksperimen design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kaponan sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Ketundan sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa kelas eksperimen dan 13 siswa kelas kontrol. Kedua kelas tersebut relatif sama atau setara. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang telah dikonsulasikan kepada expert jugdment dan telah diujicobakan. Setelah diujicobakan soal yang valid sebanyak 18 soal untuk pre-test dan 15 soal untuk post-test. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu mendeskripsikan rata-rata. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif penggunaan kartu dua warna terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada kelas IV SD Negeri Kaponan, Pakis Magelang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 82,79 dan rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 75,31. Selisih rata-rata post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 7,48. Dari selisih tersebut dapat diartikan bahwa hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif penggunaan alat peraga kartu dua warna terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Kaponan Pakis Magelang. Kata kunci : Alat Peraga, Kartu Dua Warna, Hasil Belajar, Bilangan Bulat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2017 09:27
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50092

Actions (login required)

View Item View Item