PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN PENDEKATAN PMR

Saputri, Pipit Cony (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN PENDEKATAN PMR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Pipit Cony Saputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD N 1 Troso, Klaten pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD N 1 Troso yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 13 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 50% siswa dapat mencapai KKM. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan Matematika Realistik dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV. Hasil Pretest menunjukkan bahwa siswa yang mencapai KKM yaitu 8 siswa (32%). Pada Siklus I meningkat menjadi 13 siswa mencapai KKM (48%). Pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu 21 (84%) siswa mencapai KKM. Kata kunci: prestasi belajar, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, PMR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2017 09:23
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50091

Actions (login required)

View Item View Item