PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI IMOGIRI

Nurlatifah, Ika (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI IMOGIRI. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ika Nurlatifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi Belajar IPA yang rendah merupakan masalah di kelas V SD N Imogiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD N Imogiri menggunakan metode pembelajaran Eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Imogiri yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Model penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang dalam setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument tes sebelum digunakan dalam penelitian telah divalidasi oleh expert judgment. Data hasil observasi dan hasil tes dianalisis secara deskriptif kualitatif Pembelajaran IPA menggunakan metode Eksperimen dengan 6 langkah yaitu percobaan awal, pengamatan, dugaan sementara, verifikasi, aplikasi konsep dan evaluasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD N Imogiri. Siswa,melakukan verifikasi terhadap dugaan awal yang mereka rumuskan dengan melakukan kegiatan eksperimen. Siswa lebih mudah memahami meteri pelajaran IPA karena siswa melakukan sendiri kegiatan eksperimen melalui dampingan guru. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata pada prasiklus mencapai 68,8 meningkat menjadi 69 pada siklus I kemudian setelah dilakukan perbaikan pada siklus II meningkat menjadi 77,2. Persentase siswa yang mencapai KKM meningkat dari 44% pada prasiklus menjadi 51,3% pada siklus I dan 87,2% pada siklus II. Hasil analisis menunjukkan peningkatan prestasi belajar IPA sebesar 8,2. Kata Kunci : metode eksperimen, prestasi belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2017 08:31
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50089

Actions (login required)

View Item View Item