PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH GAMPLONG

Kusumaningrum, Devi (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH GAMPLONG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Devi Kusumaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah Gamplong. Desain penelitian adalah Quasi Experimental dengan rancangan Nonrandomized Control Grup Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Gamplong yang terdiri dari 14 siswa kelas VA sebagai kelompok kontrol dan 14 siswa kelas VB kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes, dokumentasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data pada ranah kognitif menggunakan uji normalized gain, sedangkan untuk ranah afektif dan psikomotor menggunakan skor akhir. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah Gamplong. Hasil rerata gain score ranah kognitif pada kelompok eksperimen sebesar 0,56 dengan kriteria nilai sedang dan kelompok kontrol sebesar 0,21 dengan kriteria nilai rendah. Perbandingan hasil belajar ranah afektif atau sikap ilmiah antara kelompok eksperimen dan kontrol adalah 3,60 dengan kriteria sangat baik untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 3,1 dengan kriteria baik. Pada ranah psikomotor atau keterampilan proses Sains nilai rerata kelompok eksperimen sebesar 3,42 dengan kriteria sangat baik dan kelompok kontrol sebesar 2,62 dengan kriteria baik. Kata kunci: model Quantum Teaching, hasil belajar, IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2017 08:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50086

Actions (login required)

View Item View Item