LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA

MOHAMMAD ANTON SUJARWO, MOHAMMAD ANTON SUJARWO (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5. MOHAMMAD ANTON SUJARWO_NIM 13108241080_LAPORAN INDIVIDU_PPL_A040_UNY.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Pengajaran Praktik Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Pengajaran Praktik Lapangan (PPL) merupakan bentuk transisi mahasiswa dari lingkungan akademik menuju lingkungan non-Akademik. Pelaksanaan PPL tidak terlepas dari kultur perguruan tinggi yang dimanifestasikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat. PPL dilaksanakan pada lembaga pendidikan atau sekolah. Pada lembaga pendidikan, kegiatan PPL dilaksanakan di SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarata. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data tentang kegiatan yang sedang atau akan dilaksanakan di SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarata. Program kerja yang disusun oleh tim PPL berdasarkan hasil observasi yaitu program-program di: pengadaan media, pelayanan perpustakaan, pengadaan slogan, visi misi, kerja bakti sekolah, pengajaran terbimbing, pengajaran mandiri, lomba kesemarakan HUT RI yang ke 71, mengganti guru mengajar dan penyusunan RPP untuk mengajar terbimbing, mandiri dan ujian. Program PPL terdiri dari Program Mengajar dan Program Non Mengajar. Program Mengajar merupakan program utama mahasiswa praktikan. Program ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program ini dilakukan selama 10 kali mengajar yang terdiri dari 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri, dan 2 kali mengajar ujian. Adapun praktik mengajar yang dilakukan mahasiswa praktikan yakni pada kelas rendah dan pada kelas tinggi secara seimbang. Sedangkan Program Non Mengajar merupakan program kerja yang bersifat penunjang pelaksanaan PPL. Mahasiswa praktikan telah menempuh jam kerja sebanyak 389,2 jam dan telah memenuhi jam minimal. Secara keseluruhan program PPL di SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun terdapat beberapa permasalahan dan kendala saat di lapangan, semuanya dapat diselesaikan dengan baik berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa, Guru, Karyawan, DPL dan siswa SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Pelaksanaan PPL, dan SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 08:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50082

Actions (login required)

View Item View Item