LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA

KHUSNUL KHOTIMAH, KHUSNUL KHOTIMAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. KHUSNUL KHOTIMAH_NIM 13108241004_LAPORAN INDIVIDU_PPL A040_UNY.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL merupakan pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional. Kegiatan yang termasuk lingkup PPL diarahkan ke pelatihan profesionalisme pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk transisi mahasiswa dari lingkungan akademik menuju lingkungan non-akademik. Pelaksanaan PPL tidak terlepas dari kultur perguruan tinggi yang dimanifestasikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan pada lembaga pendidikan atau sekolah. Pada lembaga pendidikan, kegiatan PPL dilaksanakan di SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarata. PPL dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan, dimulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, diperoleh data tentang kegiatan yang sedang atau akan dilaksanakan di SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarata. Program kerja yang disusun oleh tim PPL berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan yaitu penyusunan RPP dan perangkat pembelajaran, pengajaran terbimbing, pengajaran mandiri, mengganti guru mengajar, pelayanan perpustakaan, kerja bakti lingkungan sekolah, piket menyambut siswa dengan program 3S, upacara bendera hari senin, menyanyikan lagu Indonesia Raya, senam pagi, lomba peringatan HUT RI 17 Agustus, dan peringatan hari raya Idul Adha, dan penyusunan laporan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Pelaksanaan PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 07:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50080

Actions (login required)

View Item View Item