PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BERBASIS SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI

Khoiri Hidayati, Nur and Astono, Juli (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BERBASIS SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DAN LAMPIRAN.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan inquiry berbasis siklus belajar 5E yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika dengan materi pokok Fluida Statis peserta didik SMA, (2) mengetahui peningkatan penguasaan konsep peserta didik SMA yang menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan inquiry berbasis siklus belajar 5E pada materi fluida statis, dan (3)mengetahui peningkatan keterampilan proses peserta didik SMA yang menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan inquiry berbasis siklus belajar 5E materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian R &D dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. LKPD yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 peserta didik kelas XI SMA N 1 Mlati. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada validator ahli materi dan praktisi untuk menilai kelayakan produk serta angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD. Pengadaan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep. Pengamatan oleh observer dan penilaian hasil kerja peserta didik pada LKPD untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses peserta didik. Tehnik analisis data untuk kelayakan RPP,LKPD, kisi-kisi soal pretest posttest menggunakan Kriteria Penilaian Ideal (KPI) dan Precentage of Agreement, peningkatan penguasaan konsep dianalisis dengan standar gain, dan peningkatan keterampilan proses sains dianalisis dengan konversi nilai persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan inquiry berbasis siklus belajar 5E dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli dan praktisi serta angket respon peserta didik dengan kategori baik. (2) LKPD yang dikembangkan dapat meningkatkan penguasaan konsep fluida statis dengan nilai gain 0,66 dalam kategori sedang serta meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. (3) Tingkat keterampilan proses peserta didik pada pertemuan pertama adalah 53,55% (tidak baik), pertemuan kedua adalah 58,94% (kurang baik), dan pertemuan ketiga 67,47% (cukup baik). Kata Kunci: LKPD, pendekatan inquiry, siklus belajar 5E, penguasaan konsep, keterampilan proses sains, Fluida Statis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 21 Jun 2017 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50076

Actions (login required)

View Item View Item