PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOMARTANI

Permatasari, Anggun Intan (2017) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOMARTANI. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anggun Intan Permatasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV di SD Negeri Purwomartani. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitan ini dilaksanakan di SD Negeri Purwomartani dengan subjek penelitian siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan variabel bebas yaitu metode mind mapping. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan t-test untuk melihat perbedaan pemahaman konsep kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV di SD Negeri Purwomartani. Pengaruh tersebut dibuktikan dengan hasil t-test pada posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu sig 0,014 < 0,05 dan thitung 2,548 > ttabel 2,006. Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang diajar dengan metode mind mapping dan siswa yang diajar dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2017 08:10
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50074

Actions (login required)

View Item View Item