KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DIRECT INSTRUCTION DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI, PENGETAHUAN PROSEDURAL, DAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK SMA

Suparti, Sri and Suharyanto, Suharyanto (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DIRECT INSTRUCTION DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI, PENGETAHUAN PROSEDURAL, DAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SRI SUPARTI_13302241065.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan penguasaan materi, pengetahuan prosedural, dan sikap kerjasama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model direct instruction dan model konvensional, dan (2) mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif apabila ditinjau dari penguasaan materi, pengetahuan prosedural, dan sikap kerjasama peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test-post-test design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kretek tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 125 orang yang terbagi dalam empat kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling dan diperoleh kelas X-2 sebagai kelas kontrol serta kelas X-3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data terdiri dari soal pretest, soal postest, lembar observasi pengetahuan prosedural, dan lembar observasi sikap kerjasama. Teknik pengambilan data adalah dengan tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan pada penguasaan materi, pengetahuan prosedural, dan sikap kerjasama antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran direct instruction dan model konvensional, dan (2) pembelajaran model direct instruction lebih efektif daripada model konvensional apabila ditinjau dari penguasaan materi, pengetahuan prosedural, dan sikap kerjasama peserta didik. Kata Kunci : direct instruction, model konvensioanl, penguasaan materi, pengetahuan prosedural, sikap kerjasama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 21 Jun 2017 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50072

Actions (login required)

View Item View Item