LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 LOKASI MAN Yogyakarta I Jln. C. Simanjuntak No. Yogyakarta 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

Sendiawati Iguna, Sendiawati Iguna (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 LOKASI MAN Yogyakarta I Jln. C. Simanjuntak No. Yogyakarta 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13. SENDIAWATI IGUNA (13405244016).pdf

Download (60MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti setiap mahasiswa jurusan Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan memberikan pengetahuan di luar kampus untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal mahasiswa untuk lebih mengerti tanggungjawab menjadi seorang tenaga pendidik profesional. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk sarana penerapan dari ilmu-ilmu yang diperoleh mahasiswa selama menempuh perkuliahan kependidikan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi media pengembangan diri mahasiswa dalam menghadapi situasi civitas pendidikan di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, mahasiswa dalam hal ini penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di MAN Yogyakarta 1 yang berlokasi di Jl. C. Simanjuntak, Kota Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan bertahap dimulai dari observasi baik observasi fisik sekolah ataupun administratif, serta kondisi siswa dan kelas yang akan digunakan sebagai praktik mengajar. PPL sendiri terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XI IIS 1, XI IIS 2 dan XI IIS 3. Penerjunan PPL dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 dan berakhir pada tanggal 15 September 2016. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di MAN Yogyakarta 1 ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan, praktik keguruan dan administrasi dalam bidang pendidikan Geografi yang diperoleh di bangku perkuliahan, pengalaman menghadapi murid secara langsung, pengalaman penanganan kelas, mengenal berbagai administratif keguruan dan lainnya. Dengan pengalaman yang diperoleh selama perkuliahan, mahasiswa dapat meminimalisir kesulitan yang ditemui ketika PPL. Dengan melaksanakan PPL, mahasiswa memperoleh gambaran bagaimana tugas seorang guru dengan demikian siap untuk melaksanakan tugas sebagai seorang guru setelah lulus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, mengajar, mahasiswa, MAN Yogyakarta 1, Geografi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 06:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50066

Actions (login required)

View Item View Item