LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA I

Nugroho Wahyu Sumartono, Nugroho Wahyu Sumartono (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA I. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11. Nugroho Wahyu Sumartono (13303244024).pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan. Kegiatan PPL ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari oleh mahasiswa di lapangan. Dengan pengalaman mengajar di kegiatan PPL ini harapannya mahasiswa mendapatkan pengalaman untuk diintegrasikan kelak ketika sudah bekerja di dunia pendidikan. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, mahasiswa diberikan pembekalan PPL agar mahasiswa memiliki gambaran awal dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain pembekalan PPL, mahasiswa melaksanakan kegiatan observasi sekolah. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa memahami kekurangan dan kelebihan calon peserta didik yang akan diajar kelak ketika sudah terjun di lapangan. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi kurikulum, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran), dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam pelaksanaan PPL, penulis mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu mata pelajaran kimia. Untuk pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jam guru pembimbing. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai dan dibutuhkan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh penulis. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 8 kali di kelas XI MIA 3 yang dimulai pada tanggal 22 Juli sampai dengan 15 September 2016. Setiap pertemuan berdurasi 2 jam pelajaran (satu jam pelajaran 45 menit). Sebelumnya penulis membuat persiapan (perangkat pembelajaran) yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: praktek mengajar, praktek pengalaman lapangan, rencana pelaksanaan pembelajaran, MAN Yogyakarta I
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 05:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50064

Actions (login required)

View Item View Item