LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA 1

Alfi Khoiriyati, Alfi Khoiriyati (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA 1. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
3.ALFI KHOIRIYATI_13204241044.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta harus menempuh mata kuliah wajib sesuai kurikulum yang dicanangkan. Salah satu mata kuliah wajib tersebut adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang memiliki bobot 3 sks. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pada kesempatan kali ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di MAN Yogyakarta 1 yang beralamat di Jl. C. Simanjuntak No. 60 Kota Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL berlangsung dari tanggal 18 Juli 2016 – 15 September 2016, dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XI IBB sebanyak 10 kali pertemuan, dan pertemuan insidental dilaksanakan di kelas XII IBB sebanyak 1 kali serta mengampu les penguatan bahasa Prancis untuk kelas X lintas peminatan sebanyak 5 kali. Selain kegiatan mengajar, ada beberapa kegiatan non- mengajar yang telah dilaksanakan, yaitu upacara bendera, pendampingan lomba memasak peringatan hari Raya Idul Adha, penyusunan administrasi guru, piket Sapa Pagi (5 S) , piket harian, piket jaga perpus , tadarus Al- Quran, pendampingan kegiatan PKS (Peduli Kebersihan Lingkungan) Peserta Didik Baru, pendampingan pembuatan kartu pelajar,dan pembungkusan hadiah untuk siswa/i berprestasi. Kegiatan non mengajar lainnya adalah penyerahan mahasiswa PPL, penyusunan laporan PPL, dan penarikan mahasiswa PPL. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih 2 bulan di MAN Yogyakarta 1 ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan bahasa Prancis yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dengan pengalaman yang diperoleh selama perkuliahan, mahasiswa dapat meminimalisir kesulitan yang ditemui ketika PPL. Dengan melaksanakan PPL, mahasiswa memperoleh gambaran bagaimana tugas seorang guru sehingga siap untuk melaksanakan tugas sebagai seorang guru setelah lulus.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:26
Last Modified: 20 Jun 2017 04:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50055

Actions (login required)

View Item View Item