LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Yohanes Wahyu Eddie Dharma, Yohanes Wahyu Eddie Dharma (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YOHANNES WAHYU E.D_P.B Sastra Indonesia_13201241069.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh pada saat kuliah agar dikembangkan mahasiswa di lapangan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik di sekolah. Praktik pengalaman lapangan ini diharapkan mampu mendorong peningkatan keterampilan SDM diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional dibidangnya. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 2 Yogyakarta yang beralamat di Bener, Tegalrejo, Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 dengan didahului observasi sekolah pada tanggal 9 Februari 2016. Kelompok PPL SMA Negeri 2 Yogyakartaterdiri dari 19 mahasiswa dari 10 program studi, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan PKnH, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Sejarah. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman factual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikanlainnya di sekolah. Hal inilah yang nantinya diharapkan dapat menjadi bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memilikipengetahuan, sikap, dan keterampilan. Program kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Yogyakarta dapat terlaksana dengan baik dan lancar dengan adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing yakni Ibu Sukinah, S.Pd., yang senantiasa membimbing mahasiswa penyusun dengan sabar dan penuh perhatian. Tidak lupa dosen pembimbing Ibu Nurhidayah, M.Hum., yang selalu mengunjungi dan memantau perkembangan mahasiswa penyusun selama praktik mengajar, begitu juga peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Terlaksananya program PPL tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah SMA Negeri 2 Yogyakarta yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: mahasiswa, kegiatan PPL, SMA Negeri 2 Yogyakarta.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 03:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50049

Actions (login required)

View Item View Item