LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA Jln. Bener, Kelurahan Bener, Tegalrejo, Yogyakarta

Lanna Murpi Pertiwi, Lanna Murpi Pertiwi (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA Jln. Bener, Kelurahan Bener, Tegalrejo, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LANNA MURPI PERTIWI_Pendidikan Biologi_13304244010.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan mata kuliah lapangan wajib yang harus ditempuh mahasiswa kependidikan sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam bangku perkuliahan. Tujuan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan adalah untuk memberikan pengalaman mengajar, menambah wawasan, serta mempersiapkan mahasiswa menjadi calon tenaga kependidikan yang professional, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi, yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai dari 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Kegiatan PPL memiliki beberapa tahapan yaitu tahap pra PPL 1 meliputi kajian teori pembelajaran dan kurikulum, lalu pra PPL 2 meliputi mikroteaching dan pembekalan PPL, observasi di sekolah, pelaksanaan PPL, pelaporan, dan evaluasi. Kegiatan PPL dilakukan dengan mengajar mata pelajaran biologi kelas 12 IA 2 dan 12 IA 5. Sebelum mengajar, mahasiswa melakukan observasi dengan masuk kelas guna mengetahui karakteristik siswa dan menganalisis metode dan model pembelajaran yang cocok untuk siswa. Selain itu juga terdapat tahapan persiapan meliputi perangkat pembelajaran (media, RPP dan LKS). Berdasarkan kegiatan PPL yang telah dilaksanakan, penulis telah melakukan kegiatan mengajar di dalam kelas sebanyak 34 jam, menggantikan guru mengajar di kels sebanyak 4 jam, dan mendampingi praktikum sebanyak 16 jam. Sehingga total mengajar penulis adalah sebanyak 54 jam. Penulis mendapatkan pengalaman nyata dalam hal perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Penulis juga telah menerapkan ilmu yang telah diperoleh saat kuliah. Dan harapannya penulis dapat mengembangkan dirinya untuk menjadi pendidik yang baik dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : biologi, mengajar, PPL, professional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 03:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50041

Actions (login required)

View Item View Item