LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

KHOMSUN SUBARKAH, KHOMSUN SUBARKAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KHOMSUN SUBARKAH_Pendidikan Geografi_13405241048.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta, dengan tujuan mengaplikasikan 3 Fungsi perguruan tinggi yaitu salah satunya pendidikan. Melalui kegiatan ini mahasiswa calon pendidik diaharapkan dapat menerapkan bidang ilmu yang didapat untuk mengajar di sekolah. Praktikan melaksanakan PPL Semester Khusus tahun 2016 di SMA Negeri 2 Yogyakarta terhitung sejak 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Rangkaian kegiatan PPL mencakup kegiatan persiapan (pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi), pelaksanaan (praktik mengajar danpraktik non mengajar), dan evaluasi PPL berupa laporan praktik PPL. Persiapan mengajar dilakukan dengan membuat matriks mengajar, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyusun materi ajar, dan membuat media pembelajaran. Pelaksanaan mengajar dilakukan di kelas dan luar kelas dengan berbagai metode yang telah direncanakan dalam RPP. Evaluasi mengajar dengan menilai hasil belajar, menganalisis butir soal, dan merefleksikan diri dalam mengajar. Praktik mengajar dilakukan di kelas XIIIS, XI PMIIA 4, dan XI PMIIA 5. Sedangkan praktik tidak mengajar terdiri dari upacara rutin, ikut serta kegiatan sekolah, piket tata usaha, piket perpustakaan, piket tamu, dan pendampingan ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja serta Olimpiade Geografi. Kegiatan PPL secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik dan telah memenuhi target minimal yang dibebankan yaitu 256 jam. Berbagai persoalan seperti hambatan yang dihadapi merupakan hambatan normal yang bisa diatasi dengan baik seperti: kekurangan tenaga kerja saat piket guru, sulit mengkondisikan siswa saat pertama kali masuk, dan kurangnya manajemen waktu saat pembelajaran. Solusi atas hambatan tersebut dengan meminta bantuan kepada mahasiswa lain yang tidak piket, mengembalikan wibawa di depan murid dengan bertindak sedikit tegas, dan mengalokasikan waktu dengan baik sebelum pembelajaran dimulai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hambatan, Kegiatan PPL, SMA N 2 Yogyakarta, Solusi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 03:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50040

Actions (login required)

View Item View Item