LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Ardiyan Lisaputra, Ardiyan Lisaputra (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARDIYAN LISAPUTRA_13405241034.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

untuk memberikan wadah bagi mahasiswa calon pendidik untuk menerapkan teknikteknik mengajar di sekolah. Mata kuliah prasyarat yang harus dipenuhi adalah lulus micro teaching sebagai latihan mengajar dalam tim kecil. Mahasiswa melaksanakan PPL Semester Khusus tahun 2016 di SMA Negeri 2 Yogyakarta terhitung sejak 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegitan yang telah dilaksanakan adalah persiapan PPL (pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi), pelaksanaan PPL (praktik mengajar dan praktik non mengajar), dan evaluasi PPL berupa laporan PPL. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan di kelas XII MIA 7, XII MIA 8, dan XII IIS. Sedangkan praktik tidak mengajar terdiri dari upacara rutin, ikut serta kegiatan sekolah, piket tata usaha, piket perpustakaan, piket tamu, dan pendampingan ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja. Kegiatan mengajar dalam PPL terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil mengajar. Persiapan mengajar dilakukan dengan membuat matriks mengajar, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyusun bahan ajar, dan membuat media pembelajaran. Pelaksanaan mengajar dilakukan di kelas dan luar kelas dengan berbagai metode yang telah direncanakan dalam RPP. Evaluasi mengajar dengan menilai hasil belajar, menganalisis butir soal, dan merefleksikan diri dalam mengajar. Program PPL secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik dan telah melampaui target selama 256 jam. Hambatan yang dihadapi merupakan hambatan normal yang bisa diatasi dengan baik seperti: kekurangan tenaga kerja saat piket perpustakaan, dan sulit mengkondisikan siswa saat pertama kali masuk, serta format laporan PPL yang tidak jelas. Solusi atas hambatan tersebut dengan meminta bantuan kepada mahasiswa lain yang tidak piket perpustakaan, mengembalikan wibawa di depan murid dengan bertindak sedikit tegas, dan mengalokasikan waktu dengan baik sebelum pembelajaran dimulai, serta perlu adanya sosialisasi menganai format laporan PPL yang baku.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Mahaiswa, PPL, Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 02:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50030

Actions (login required)

View Item View Item