LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA (Jalan AM Sangaji No.50 Yogyakarta)

KARIN DESIANA, KARIN DESIANA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA (Jalan AM Sangaji No.50 Yogyakarta). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13202244001_KARIN DESIANA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Diharapkan mahasiswa dapat memberikan sumbangan nyata dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan seluruh potensi sekolah. Oleh karena itu mahasiswa diharapkan mampu merealisasikan potensi akademis, tenaga dan skills yang dimilikinya dalam upaya peningkatan potensi sekolah. Dalam praktik di lapangan, mahasiswa diharapkan menerapkan teori - teori pengajaran yang telah diberikan saat kuliah. Dan diharapkan keluaran dari PPL ini adalah mahasiswa sudah memiliki pengalaman mengajar dan siap untuk menjadi guru setelah lulus dari Universitas. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, praktikan melakukan kegiatan sosialisasi yaitu pra-PPL melalui mata kuliah pengajaran mikro dan kegiatan observasi di sekolah. Tujuan dilaksanakannya observasi disekolah untuk mengetahui gambaran mengenai proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah beserta kelengkapan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Kegiatan observasi ini dilakakukan di sekolah tempat praktikan akan melaksanakan kegiatan PPL yaitu di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1, kegiatan pendidikan tidak hanya dilakukan dengan cara memberikan penjelasan di dalam kelas, namun juga suatu usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara Kegiatan pendidikan tidak hanya dilakukan dengan penjelasan dalam kelas, tetapi pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, pendidikan tidakdapat dilakukan tanpa perencanaan dan pelaksanaan yang baik. Dengan diadakannya kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini, mahasiswa diharapkan dapat menjadi tenaga kependidikan yang profesional dan sesuai dengan cita-cita bangsa. Sekolah merupakan tempat yang paling tepat untuk merealisasikan program PPL tersebut karena mahasiswa dapat merasakan dan terlibat secara langsung dalam lingkungan pendidikan yang nyata. Pelaksanaan PPL di SMAN 11 Yogyakarta diikuti oleh 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris; 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi; 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia; 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika; 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika; 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi; 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi; 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi; 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika; dan 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 20 Jun 2017 01:17
Last Modified: 20 Jun 2017 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50016

Actions (login required)

View Item View Item