KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA 15 JULI 2016 – 15 SEPTEMBER 2016

Teriana Mardha Hidayat, Teriana Mardha Hidayat (2016) KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA 15 JULI 2016 – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13804241031_TERRYANA MARDHA HIDAYAT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang digunakan sebgai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMA Negeri 11 Yogyakarta, yang dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran kelas sebanyak 14 kali dalam satu kelas, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 1 kelas yaitu kelas X IPS 1. Selain mengajar sendiri, praktikan juga mengajar dengan sistem team teaching dengan teman satu jurusan di kelas XI IPS 2 sebanyak 8 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain scientific, problem based learning, think pair share, ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain power point, gambar, video dan artikel. Selama proses pembelajaran praktikan juga mengalami beberapa hambatan seperti peserta didik yang terlalu ramai. Namun semua itu dapat praktikan kendalikan dengan baik sehingga tidak terlalu memperngaruhi kegiatan PPL. Adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja kerasa dan disiplin akan sangat mendukung teraksananya program-program PPL dengan suskes. Dengan terlesesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualit

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 01:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50014

Actions (login required)

View Item View Item