LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Nurul Purnaningsih, Nurul Purnaningsih (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13301241045_NURUL PURNANINGSIH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan bobot 3 sks. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pengabdian diri mahasiswa kepada masyarakat khususnya warga sekolah. Pada tahun ajaran 2016/ 2017 PPL dilaksanakan selama dua bulan. Penyusun melaksanakan kegiatan PPL di dua tempat yang berbeda, yaitu satu bulan di The Demonstration School of Valaya Alongkorn Rajabhat University dan satu bulan di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi lingkungan sekolah dan observasi pembelajaran di kelas, persiapan perangkat pembelajaran, praktik mengajar, evaluasi hasil belajar, hingga penyusunan laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Setelah melakukan konsultasi dengan guru pembimbing, penyusun diijinkan melaksanaan praktik mengajar di kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 dengan total 26 kali pertemuan secara terencana dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik dan materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Penyusun juga melaksanakan praktik mengajar secara insidental yang dilaksanakan di kelas XII IPA 1, XII IPA 2, dan X IPS 3. Pelaksanaan PPL memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah. Dengan melaksanakan PPL, mahasiswa memperoleh gambaran tugas seorang guru yang tidak hanya dituntut untuk menguasai materi, namun juga perlu merencanakan setiap kegiatan pembelajaran dengan baik seperti pemilihan metode pembelajaran yang sesuai untuk dapat memaksimalkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, guru juga dituntut agar mampu mengatur waktu, mengelola kelas, beriteraksi dengan warga sekolah, dan mempersiapkan administrasi pembelajaran. Seorang guru harus dapat menjadi tauladan bagi muridnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 11 Yogyakarta, Matematika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 01:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50013

Actions (login required)

View Item View Item