LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Andina Yuliana Dewi, Andina Yuliana Dewi (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13401241013_ELISA PUSPITA RINJANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program S-1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan PPL dilaksanakan sejak tanggal 18 Agustus - 15 September 2016 yang berlokasi di SMA Negei 11 Yogyakarta. Secara keseluruhan fasilitas yang dimiliki SMA Negei 11 Yogyakarta ini sudah cukup lengkap, tetapi alat-alat untuk pembelajaran matematika seperti penggaris, jangka, dan busur masih belum tersedia di setiap kelas. Selama praktik mengajar praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu Matematika Peminatan kelas X. Keterlibatan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL-PPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMA Negei 11 Yogyakarta akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Selama kegiatan PPL di SMA Negei 11 Yogyakarta, praktikan mengajar siswa-siswi kelas X MIA 1. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Praktikan menyusun 4 buah RPP yang dimaksudkan untuk mempermudah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Materi yang disampaikan mengenai Sistem Pertidaksamaan Kuadrat Dua Variabel. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di SMA Negei 11 Yogyakarta dapat dirasakan praktikan berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan matematika yang diperoleh di bangku perkuliahan, praktikan dapat berlatih mengembangkan materi dan media sebagai sumber belajar siswa di kelas dan praktikan dapat menggunakan metode yang bervariasi sehingga siswa tidak jenuh untuk belajar matematika.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negei 11 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 00:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50012

Actions (login required)

View Item View Item