Ririn Putri Aurita, Ririn Putri Aurita (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA JALAN A.M. SANGAJI 5O YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13405241032_RIRIN PUTRI AURITA.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu usaha dalam peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Yogyakarta selama kurang lebih dua bulan terhitung tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Sebelum melakukan PPL setiap mahasiswa harus melakukan obeservasi atau pengamatan di kelas tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yang akan dijadikan sasaran pelaksanaan PPL. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai keadaan lokasi pelaksanaan PPL, baik potensi maupun kekurangan yang dimiliki sehingga setiap mahasiswa dapat merencanakan program PPL yang sesuai dengan lokasi tersebut. Berdasarkan hasil observasi tersebut penyusun merencanakan program PPL yang meliputi: persiapan PPL, persiapan dan pembuatan RPP PPL, persiapan dan pembuatan media pembelajaran, praktek mengajar, serta evaluasi. Semua rancangan program tersebut secara garis besar berhasil dilaksanakan. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan 7 September 2016, dilakukan sebanyak total 9 kali pertemuan di kelas X IPA 6 dan X IPS 3. Pokok bahasan yang diajarkan untuk kelas X meliputi konsep essensial geografi, dasar-dasar pemetaan, dasar-dasar penginderaan jauh, serta dasar-dasar Sistem Informasi Geografis (SIG). Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya..
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : PPL, SMA Negeri 11 Yogyakarta, Mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 07:30 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |