Apri Waidah, Apri Waidah (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13405241003_APRI WAIDAH.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Program kegiatan PPL di SMA N 11Yogyakarta, merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkandan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan bantuan baik berupa fisik maupun nonfisik dalam merencanakan program dan pembangunan sekolah. Program PPL di SMA N 11 Yogyakarta, dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Kegiatan praktik mengajar di sekolah secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, piket perpustakaan dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Selama berlangsungnya kegiatan program PPL UNY 2016 di SMA N 11 Yogyakarta, salah satu program unggulan yang dilaksanakan oleh praktikan adalah mengajar. Di dalam kegiatan mengajar ini, praktikan juga memberikan penugasan kepada siswa untuk membuat peta Yogyakarta. Peta digambar dengan menggunakan kertas yang dikerjakan secara berkelompok dengan teman sebangkunya. Pembuatan peta ini, selain diambil nilai juga melatih siswa untuk mencintai provinsinya. Selain itu, penugasan pembuatan peta dijadikan program unggulan karena peta merupakan salah satu ciri dari para geografer. Geografi lebih mengedepankan konteks keruangan dan kewilayahan. Melalui peta, maka keruangan tergambarkan dengan jelas.
| Item Type: | Monograph (Project Report) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : PPL, SMA N 11Yogyakarta, Pendidikan Geografi |
| Subjects: | LPPMP |
| Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
| Depositing User: | LPPMP |
| Date Deposited: | 19 Jun 2017 07:25 |
| Last Modified: | 01 Oct 2019 11:33 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
