ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMA N 1 WATES TAHUN AJARAN 2016/ 2017 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT

Nurrokhimah, Miftah (2017) ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMA N 1 WATES TAHUN AJARAN 2016/ 2017 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 TAS_Miftah%20Nurrokhimah_13303241054.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif sebelum dan sesudah pembelajaran kimia dengan pendekatan kontekstual berbasis performance assessment. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui analisis hasil belajar peserta didik ranah afektif dan psikomotorik pada setiap kategori kemampuan peserta didik dan profil kualitas performance peserta didik pada pembelajaran kimia dengan pendekatan kontekstual berbasis performance assessment. Penelitian ini didesain sebagai penelitian pre-eksperimen dengan rancangan pre-test and post-test one group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Wates sebanyak lima kelas yang berjumlah 163 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Wates terdiri dari satu kelas yang berjumlah 33 peserta didik. Kelas eksperimen diberi perlakuan penggunaan pendekatan kontekstual berbasis performance assessment. Instrumen yang digunakan adalah soal pre-test dan posttest serta lembar observasi. Data mengenai kemampuan kognitif dianalisis menggunakan uji t-sama subyek dan uji gain score. Data kemampuan afektif dan psikomotorik serta performance peserta didik dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif sebelum dan sesudah pembelajaran kimia dengan pendekatan kontekstual berbasis performance assessment. Nilai sig 2- tailed pada uji-sama subyek adalah 0,000 < α (0,05). Nilai gain score sebesar 0,53. Kemampuan afektif peserta didik pada aspek rasa ingin tahu pada kategori baik, aspek kedisiplinan sangat baik, dan aspek kerjasama baik. Kemampuan psikomotorik peserta didik pada keterampilan praktikum baik dan presentasi cukup. Profil performance peserta didik pada tugas laporan praktikum sangat baik dan pada makalah hidrolisis garam sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 19 Jun 2017 07:24
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49998

Actions (login required)

View Item View Item