LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Fathna, Fitriana Sarah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13302244030_FITRIANA SARAH FATHNA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan memberi pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah lainnya sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesinya. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) secara sederhana dapat dimengerti untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mempraktikkan beragam teori yang telah diterima saat kuliah. Pada saat kuliah mahasiswa menyerap ilmu yang bersifat teoretis. Oleh karena itu pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan untuk mempraktikkan teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik. Praktik Pengalaman Lapangan semester khusus tahun 2016 dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 yang bertempat di SMA Negeri 11 Yogyakarta meliputi praktik mengajar di kelas, praktik pengembangkan perangkat pembelajaran, dan praktik persekolahan. Praktik mengajar di kelas ini bertujuan agar mahasiswa dapat terlibat langsung dan berinteraksi dengan para siswa di kelas, dengan melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Praktik pengembangan perangkat pembelajaran bertujuan agar mahasiswa dapat membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran sebagai bekal dalam kegiatan belajar mengajar. Sementara, kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa mengenal manajemen sekolah dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di sekolah di luar kegiatan belajar mengajar. Pada kegiatan ini mahaiswa mengajar di kelas X IPA 1, X IPA 3 dan X IPA 6 sebanyak 27 pertemuan selama 2 bulan. Kegiatan belajar mengajar tersebut atas arahan dari guru pembimbing di sekolah. Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaann meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Programprogram kegiatan PPL memberikan pengalaman kepada mahaiswa dalam bidang pembelajaran untuk melatih dan mengembangkan potensi kependidikan serta Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk belajar tentang segala permasalahan yang mungkin timbul di sekolah dalam proses pembelajaran dan cara mengatasinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 11 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jun 2017 06:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49991

Actions (login required)

View Item View Item