LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016) Periode 15 Juli 2016 – 15 September 2016 Nama Lokasi : SMK Koperasi Yogyakarta

Arnanda, Rio Dwi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016) Periode 15 Juli 2016 – 15 September 2016 Nama Lokasi : SMK Koperasi Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9. Umi Syafaatul Udhma_13803244015_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Koperasi Yogyakarta yang terletak di Jalan Kapas 1/5 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang mengajar di sekolah. Dengan dilakukanya Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa peserta PPL mampu memiliki pengalaman mengajar yang sesungguhnya dan mampu mengambil pelajaran setelah melakukan pembelajaran disekolah. Selain hal itu, mahasiswa PPL juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik sehingga ketika sudah lulus mampu bersaing di dunia kerja, dan menjadi pendidik yang berkualitas. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Selain praktik mengajar, program kegiatan PPL juga meliputi penyusunan perangkat administrasi guru, program pendampingan kegiatan sekolah seperti OSIS, Pramuka, dan Ekstrakulikuler Olahraga futsal, basket, dan volly. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar. Dari pelaksanaan PPL yang selama kurang lebih dua bulan di SMK Koperasi, mahasiswa PPL dapat mendapatkan berbagai manfaat antara lain seperti: mengerti bagaimana kondisi mengajar di sekolah yang sebenarnya, memperoleh pengalaman-pengalaman baru baik di bidang ilmu pengetahuan, nilai, norma-norma, dan berbagai permasalahan yang dihadapi ketika mengajar. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang nantinya akan menjadi bekal untuk menjadi pengajar yang profesional dan bermoral.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMK Koperasi Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jun 2017 06:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49988

Actions (login required)

View Item View Item