LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK KOPERASI YOGYAKARTA

Umi Syafaatul Udhma, Umi Syafaatul Udhma (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK KOPERASI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9. Umi Syafaatul Udhma_13803244015_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya yang akan digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik. Diharapkan dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini mahasiswa peserta PPL mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik yang profesional. Selain itu, mahasiswa PPL juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas negeri Yogyakarta pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Koperasi Yogyakarta yang terletak di Jalan Kapas 1 nomor 5 Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X Akuntansi 1 dengan mata pelajaran Akuntansi yang masing-masing berjumlah 25 anak dengan total jumlah mengajar sebanyak 32 kali selama waktu pelaksanaan PPL dari 4 kali mengajar setiap minggunya. Metode mengajar yang diterapkan juga berdasarkan teori yang telah di peroleh selama perkuliahan dan disesuaikan dengan lapangan dari hasil observasi yang sebelumnya telah dilakukan. Selama proses pelaksanaan juga didampingi oleh Guru Pembimbing Lapangan untuk setiap permasalahan yang dihadapi. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tidak terpaku pada kegiatan praktik mengajar saja, namun terdapat program lainnya seperti penyusunan perangkat administrasi guru,piket guru, serta piket perpustakaan. Secara umum kegiatan PPL sudah berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Tetapi mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan lancar. Dari pelaksanaan PPL yang selama kurang lebih dua bulan di SMK Koperasi Yogyakarta, mahasiswa PPL mendapatkan berbagai manfaat antara lain seperti dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Akuntansi, pemahaman tentang karakteristik siswa, pemahaman tentang lingkungan sekolah serta pemahaman baru mengenai tugas nyata seorang pendidik di lapangan. Sehingga mampu meberikan bekal agar nantinya untuk pelaksanaan pengajaran yang sesungguhnya sudah mampu menyesuaikan dengan lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: SMK Koperasi Yogyakarta, PPL UNY 2016, Akuntansi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jun 2017 05:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49987

Actions (login required)

View Item View Item