Keefektifan Penggunaan Alat-Bahan Dari Lingkungan Sekitar Untuk Praktikum Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Sains Di SMP Muhammadiyah 1 Wonosari Tahun 2008/2009

Salyono, Muh. Taufik (2009) Keefektifan Penggunaan Alat-Bahan Dari Lingkungan Sekitar Untuk Praktikum Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Sains Di SMP Muhammadiyah 1 Wonosari Tahun 2008/2009. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-moh-taufik-salyono-06708251005.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan alat-bahan dari lingkungan sekitar untuk praktikum terhadap peningkatan prestasi belajar sains siswa SMP Muhammadiyah 1 Wonosari Kelas VII tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain satu faktor (pembelajaran praktikum sains) dengan 3 sampel, satu kelompok eksperimen dan dua kelompok kontrol. Kelompok eksperimen di beri perlakuan pembelajaran praktikum menggunakan alat-bahan dari lingkungan sekitar, kelompok kontrol 1 diberi pembelajaran menggunakan metode demonstrasi, kelompok kontrol 2 diberi perlakuan pembelajaran praktikum menggunakan alat-bahan laboratorium standar. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data peningkatan presasi dikumpulkan melalui Pretest dan Postest sedangkan motivasi dikumpulkan melalui angket. Untuk mengetahui perbedaan prestasi dan motivasi pada 3 kelompok sampel dilakukan analisis variansi, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava menggunakan Uji t. Hasil analisis variansi, variabel peningkatan prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,05 diperoleh, =0,026 (<0,05) dan untuk variabel motivasi diperoleh =0,000 (<0,05). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran praktikum dengan menggunakan alat-bahan dari lingkungan sekitar, dengan siswa yang mengikuti pembelajaran praktikum mengunakan alat-bahan laboratorium standar, serta dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode demonstrasi. Hasil perhitungan Uji t sebagai uji lanjut pasca anava menunjukkan bahwa antara kelompok ekperimen (A1) versus kelompok kontrol (A2) yang diberikan pembelajaran demonstrasi diperoleh harga thitung sebesar = 4,818 dan =0,000, hal ini menunjukkan bahwa ke dua metode pembelajaran itu berbeda secara signifikan. Hasil perhitungan Uji t antara kelompok eksperimen (A1) dengan kelompok kontrol 2 (A3) diperoleh harga thitung = 1,467 dan =0,141. Harga =0,141 ini, lebih besar dari 0,05, berarti antara kedua metode tidak berbeda secara signifikan. Ini menunjukkan pembelajaran praktikum menggunakan alat-bahan dari lingkungan sekitar tidak berbeda dengan pembelajaran menggunakan alat-bahan laboratorium standar. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan alat-bahan dari lingkungan sekitar efektif meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:55
Last Modified: 29 Jan 2019 12:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49985

Actions (login required)

View Item View Item