ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA N 1 DEPOK DALAM PENERAPAN BUKU PENGAYAAN GURU UNTUK DEMONSTRASI BERBASIS POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA TAHUN AJARAN 2016/2017

Arini, Asti Dian (2017) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA N 1 DEPOK DALAM PENERAPAN BUKU PENGAYAAN GURU UNTUK DEMONSTRASI BERBASIS POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ASTI DIAN ARINI_2017.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterlaksanaan kegiatan praktikum dalam penerapan Buku Pengayaan Guru dengan menggunakan metode demonstrasi dan teknik POE dan 2) mengetahui profil keterampilan proses sains siswa yang mengikuti kegiatan praktikum dengan menggunakan metode demonstrasi dan teknik POE dalam penerapan Buku Pengayaan Guru. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pre-experimental dengan desain one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Depok dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sample. Sampel tersebut diberi perlakuan dengan menggunakan metode demonstrasi dan teknik POE dalam kegiatan praktikum yang mengimplementasikan Buku Pengayaan Guru. Data diambil menggunakan teknik kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa eterlaksanaaan kegiatan praktikum yang menerapkan LKS pada pokok bahasan Asam Basa berdasarkan Buku Pengayaan Guru menggunakan metode demonstrasi dan teknik POE dapat berjalan dengan lancar. LKS memiliki peran yang besar pada kegiatan siswa dalam “memprediksi” dan “mencatat data” serta guru dapat melaksanakan aktivitas mengajar sebesar 90% sesuai dengan RPP, namun guru masih berperan paling besar dalam jalannya kegiatan praktikum. Keterampilan proses sains siswa pada praktikum I untuk aspek mengamati, menginvestigasi, menganalisis dan mengkomunikasikan mendapatkan kategori “Sangat Baik” sedangkan aspek keterampilan memprediksi masuk dalam kategori “Baik”. Pada praktikum II, didapatkan hasil yang sama kecuali hasil pada aspek keterampilan menganalisis termasuk dalam kategori “Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:44
Last Modified: 19 Jun 2017 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49983

Actions (login required)

View Item View Item