Perbedaan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Gambar Animasi dan Media Gambar Statis dalam Pembelajaran Sains Pada Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010

Erviana, Lina (2009) Perbedaan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Gambar Animasi dan Media Gambar Statis dalam Pembelajaran Sains Pada Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lina-erviana-07708251013.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar melalui penerapan media gambar animasi dan media gambar statis dalam pembelajaran sains. Hasil belajar yang dimaksud adalah hasil belajar kognitif yang diperoleh dari skor post-test. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling dan mengambil sampel dua kelas dari lima kelas yang merupakan populasi penelitian. Dari kedua kelas tersebut selanjutnya ditentukan kelas kontrol yang menggunakan media gambar statis yang diproyeksikan sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan media gambar animasi yang diproyeksikan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII B dengan jumlah siswa 35 dan kelas VIII E dengan jumlah siswa 35 pada materi pokok atom, ion, dan molekul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan desain penelitian pretes-postes yang tak ekuivalen (the non-equivalent pretest-postest control group design). Teknik untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal. Post-test untuk memperoleh data hasil belajar diberikan setelah perlakuan. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (Uji-t). Penilaian afektif siswa berupa respon siswa terhadap mata pelajaran sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media gambar statis dengan siswa yang menggunakan media gambar animasi dalam pembelajaran sains. Media gambar animasi memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan media gambar statis. Siswa yang diajar menggunakan media animasi memberikan respon positif yang lebih tinggi terhadap mata pelajaran sains.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam, teknologi pendidikan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:37
Last Modified: 19 Jun 2017 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49980

Actions (login required)

View Item View Item