Natalina, Kristiani (2009) Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Pembelajaran IPA Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Pangudi Luhur 2 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-kristiani-natalina-07708251002.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan pemahaman konsep IPA siswa yang belajar dengan metode guided inquiry, modified free inquiry dan free inquiry, dan (2) perbedaan keterampilan proses IPA siswa yang belajar dengan metode guided inquiry, modified free inquiry dan free inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan design pretest-posttest. Dalam penelitian ini digunakan tiga kelompok eksperimen (metode guided inquiry, metode modified free inquiry, dan metode free inquiry). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pangudi Luhur 2 Yogyakarta. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan laporan percobaan, serta melalui wawancara terhadap guru dan observasi terhadap siswa dan terhadap proses pembelajaran. Untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran, data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan anava pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah: (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep IPA antara siswa yang belajar dengan metode guided inquiry, modified free inquiry dan free inquiry (p>0,05), (2) terdapat perbedaan aspek keterampilan proses yang berhasil dikuasai siswa yang belajar dengan metode guided inquiry, modified free inquiry dan free inquiry. Siswa yang belajar dengan metode guided inquiry berhasil menguasai aspek mempresentasikan hasil percobaan, menganalisis data dan membuat kesimpulan. Siswa yang belajar dengan metode modified free inquiry berhasil menguasai aspek merumuskan permasalahan, membuat hipotesis, menentukan alat dan bahan, membuat langkah kerja, mempresentasikan hasil percobaan, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Siswa yang belajar dengan metode free inquiry berhasil menguasai aspek merumuskan permasalahan, membuat hipotesis, menentukan alat dan bahan, membuat langkah kerja, mempresentasikan hasil percobaan, dan membuat kesimpulan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 04:28 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49977 |
Actions (login required)
View Item |