KARTU PERMAINAN “AXAVA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK ANAK USIA DINI

Aziz Prabanistian, Noor (2017) KARTU PERMAINAN “AXAVA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK ANAK USIA DINI. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAKS NOOR AZIZ PRABANISTIAN.PDF

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penulisan laporan Tugas Akhir Karya Seni bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, visualisasi, teknik dan materi media pengenalan aksara Jawa dengan judul Kartu Permainan “Axava” sebagai Media Pengenalan Aksara Jawa pada Anak. Penciptaan media pengenalan aksara Jawa menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan visualisasi. Observasi yaitu pengamatan secara langsung model media kartu dari berbagai macam produk dan pengumpulan materi aksara Jawa dan legenda Aji Saka dari berbagai buku. Dokumentasi adalah kegiatan pengumpulan data visual sebagai acuan dalam pembuatan karya. Visualisasi merupakan tahap pengolahan data hingga berwujud seperangkat kartu permainan Axava melalui tahapan rough layout, comprehensive layout dan final design. Konsep penciptaan media pengenalan aksara Jawa adalah kartu permainan. Sajian materi di dalamnya meliputi aksara Jawa dan legenda Aji Saka. Visualisasi dan teknik berdasarkan teori perkembangan kognitif anak dimana anak mulai menjelaskan dunia dengan kata-kata dan gambar. Visualisasi berupa bentuk cerita bergambar diambil dari buku Sejarah Aksara Jawa. Teknik pada desain kartu permainan Axava menggunakan susunan warna yang menarik sesuai dengan warna yang disukai anak. Kartu permainan Axava memberi kesan yang menarik dan menyenangkan dalam penyajian materi aksara Jawa dan legenda Aji Saka. Materi tersebut diambil dari berbagai buku, dirangkum ke dalam media kartu lalu digunakan dengan metode permainan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 19 Jun 2017 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49974

Actions (login required)

View Item View Item