EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO POWTOON PADA MATA PELAJARAN KIMIA TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 1

Kholilurrohmi, Isnaini (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO POWTOON PADA MATA PELAJARAN KIMIA TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 1. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Isnaini%20Kholilurrohmi%20133003244019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran video PowToon dan tanpa menggunakan media pembelajaran video PowToon dan mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran video PowToon terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester I SMA Negeri 1 Pleret. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain perbandingan kelompok statik dengan dua sampel. Sampel penelitian sebanyak 55 peserta didik kelas X yang terbagi menjadi kelas eksperimen (XC) dan kelas kontrol (XD). Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran video PowToon, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan media pembelajaran video PowToon. Data dalam penelitian ini meliputi data motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Analisis yang digunakan adalah uji-t sama subjek dan uji-t beda subjek. Berdasarkan hasil uji-t sama subjek untuk motivasi belajar kelas eksperimen menunjukkan bahwa p = 0.000 (p < 0.05) dan kelas kontrol menunjukkan bahwa p= 0.007 (p < 0.05) yang berarti ada peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Pada uji-t beda subjek menunjukkan bahwa p = 0.261 (p > 0.05) yang berarti tidak ada perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada uji-t beda subjek untuk prestasi belajar peserta didik menunjukan bahwa p = 0.041 (p < 0.05) yang berarti ada perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video PowToon kurang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, namun efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester I SMA Negeri 1 Pleret.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 19 Jun 2017 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 14:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49968

Actions (login required)

View Item View Item