LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Pratomi, Ristriana (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13513241048 Ristriana Pratomi.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 4 Yogyakarta bertujuan untuk : 1) Mendapatkan informasi, pengetahuan dan memperluas wawasan dalam kegiatan Pra PPL, 2) Mendapatkan pengetahuan pembelajaran dalam persiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), 3) Mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), 4) Mengikuti kegiatan sekolah selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tanggal 18 Juli 2015, mahasiswa mulai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan yang dilakukan pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terdiri dari kegiatan pra PPL, persiapan PPL, pelaksanaan PPL dan kegiatan persekolahan. Kegiatan Pra PPL meliputi: sosialisasi, koordinasi, observasi potensi pengembangan sekolah, observasi proses pembelajaran dan kegiatan manajerial, identifikasi dan infentarisasi permasalahan, penentuan program kerja dan penyusunan proposal kegiatan, diskusi dengan guru dan dosen pembimbing. Persiapan PPL yang dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dimulai dengan pembekalan PPL, micro teaching dan observasi langsung di SMK N 4 Yogyakarta. Pelaksanaan program PPL meliputi penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran sampai dengan evaluasi pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah praktik mengajar pada program keahlian Tata Busana dengan mata pelajaran Pembuatan Busana (Industri), Pembuatan Pola dan Dasar Teknologi Menjahit. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan dengan tambahan menggunakan media powerpoint serta evaluasi. Pelaksanaan praktik PPL dimulai dari tanggal 18 Juli sampai dengan 18 September 2016. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Sidikan No.60, Umbulharjo Yogyakarta selama 2 bulan dengan mendapatkan hasil observasi potensi pengembangan sekolah yang sudah memadai, observasi proses pembelajaran kelas X Program Keahlian Tata Busana yang sudah menggunakan kurikulum 2013 saat pelajaran Dasar Desain. Pada praktik mengajar mahasiswa berkesempatan untuk mengajar siswa kelas X TBS 2 untuk mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit serta kelas XI TBS 4 untuk mata pelajaran Pembuatan Busana (Industri) dan Pembuatan Pola. Sebelum mahasiswa melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus, lembar evaluasi, lembar penilaian, media pembelajaran berupa power point dan materi yang akan disampaikan dalam bentuk handout/jobsheet yang telah dikonsultasikan kepada guru pembimbing. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar selama 8 minggu dengan jadwal mengajar mata pelajaran Pembuatan Busana (Industri) setiap hari Selasa selama tiga kali pertemuan, dua kali di hari Selasa dan satu hari di hari Sabtu, 6 jam pelajaran x 45 menit untuk setiap pertemuan (3 x 6 x 45 menit = 810 menit). Mengajar mata pelajaran Pembuatan Pola setiap hari Kamis selama dua kali pertemuan, 4 jam pelajaran x 45 menit untuk setiap pertemuan (2 x 4 x 45 menit = 360 menit). Mengajar mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit setiap Jumat selama tiga kali pertemuan, dua kali pertemuan 7 jam pelajaran dan satu kali pertemuan 2 jam pelajaran (16 x 45 menit = 720 menit). Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah piket dan upacara bendera setiap hari Senin serta pendampingan untuk persiapan dan pelaksanaan Jogja Fashion Week yang diikuti oleh SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 Yogyakarta, Program Keahlian Tata Busana
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jun 2017 02:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49957

Actions (login required)

View Item View Item