LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 4 YOGYAKARTA

Isnaini Fatimah, Isnaini Fatimah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13513241045 Isnaini Fatimah.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 4 Yogyakarta bertujuan untuk : 1) Mendapatkan informasi, pengetahuan dan memperluas wawasan dalam kegiatan Pra PPL, 2) Mendapatkan pengetahuan pembelajaran dalam persiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), 3) Mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), 4) Mengikuti kegiatan sekolah selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tanggal 18 Juli 2015, mahasiswa mulai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan yang dilakukan pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terdiri dari kegiatan pra PPL, persiapan PPL, pelaksanaan PPL dan kegiatan persekolahan. Kegiatan Pra PPL meliputi: sosialisasi, koordinasi, observasi potensi pengembangan sekolah, observasi proses pembelajaran dan kegiatan manajerial, identifikasi dan infentarisasi permasalahan, penentuan program kerja dan penyusunan proposal kegiatan, diskusi dengan guru dan dosen pembimbing. Persiapan PPL yang dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dimulai dengan pembekalan PPL, micro teaching dan observasi langsung di SMK N 4 Yogyakarta. Pelaksanaan program PPL meliputi penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran sampai dengan evaluasi pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah praktik mengajar pada program keahlian Tata Busana dengan mata pelajaran Pembuatan Busana Industri dan Tekstil. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan dengan tambahanmenggunakan media power point serta evaluasi. Pelaksanaan praktik PPL dimulai dari tanggal 18 Juli sampai dengan 18 September 2016. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Sidikan No.60, Umbulharjo Yogyakarta selama 2 bulan dengan mendapatkan hasil observasi potensi pengembangan sekolah yang sudah memadai, observasi proses pembelajaran kelas X dan XI Program Keahlian Tata Busana yang sudah menggunakan kurikulum 2013. Pada praktik mengajar mahasiswa berkesempatan untuk mengajar siswa kelas XII Busana 2, untuk mata pelajaran Pembuatan Busana Costum Made dan Pembuatan Hiasan Busana. Sebelum mahasiswa melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus, lembar evaluasi, lembar penilaian, media pembelajaran berupa power point dan materi yang akan disampaikan dalam bentuk handout/jobsheet yang telah dikonsultasikan kepada guru pembimbing. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar selama 8 minggu dengan jadwal mengajar mata pelajaran Pembuatan Hiasan setiap hari Rabu dan Sabtu selama empat kali pertemuan, 6 jam pelajaran x 45 menit untuk setiap pertemuan (4 x 6 x 45 menit = 1080 menit). Mengajar mata pelajaran Tekstil setiap hari Senin dan Kamis selama tiga kali pertemuan, 2 jam pelajaran x 45 menit untuk setiap pertemuan (3 x 2 x 45 menit = 270 menit). Mengikuti pendampingan guru mengajar setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu. Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah piket dan upacara bendera setiap hari Senin

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Pembuatan Pola, SMK N 4 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jun 2017 02:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49956

Actions (login required)

View Item View Item