Pengaruh Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Sains terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP N Pengasih

Noviar, Dian (2009) Pengaruh Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Sains terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP N Pengasih. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-noviar-06708251010.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh perbedaan kreativitas guru dalam proses pembelajaran sains terhadap hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Sampel penelitian ini adalah para guru sains biologi kelas VII dari 4 Pekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kategori jenis penelitian ex-postfacto kausal komparatif. Data dikumpulkan melalui tiga teknik, yaitu angket, observasi dan dokumentasi dengan melibatkan guru sains biologi dan peserta didik. Analisis data menggunakan statistik parametrik analisis varians multivariat dengan uji t Hotelling-Lawley. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif pada kategori kurang baik, aspek afektif pada kategori cukup baik, aspek psikomotor pada kategori kurang baik. Hasil analisis t Hotelling-Lawley menunjukkan bahwa perbedaan tingkat kreativitas guru memberikan pengaruh yang signifikan dengan p<0,05 terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dan perbedaan tingkat kreativitas guru tidak memberikan pengaruh yang signifikan dengan p>0,05 terhadap hasil belajar afektif peserta didik serta perbedaan tingkat kreativitas guru tidak memberikan pengaruh yang signifikan dengan p>0,05 terhadap hasil belajar psikomotor peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 01:48
Last Modified: 29 Jan 2019 12:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49954

Actions (login required)

View Item View Item