Pelaksanaan Pembelajaran Sains Kelas III di Sekolah Dasar Alam dan Sekolah Dasar Non Alam Yogyakarta Pada Tahun Pelajaran 2008/2009

Wijayanti, Astuti (2009) Pelaksanaan Pembelajaran Sains Kelas III di Sekolah Dasar Alam dan Sekolah Dasar Non Alam Yogyakarta Pada Tahun Pelajaran 2008/2009. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-astuti-wijayanti-07708251023.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kompetensi guru kelas III SD Alam lebih baik daripada SD Non Alam dalam pelaksanaan pembelajaran sains; (2) apakah aktivitas siswa kelas III SD Alam lebih tinggi daripada SD Non Alam dalam pembelajaran sains; dan (3) apakah prestasi siswa kelas III SD Alam lebih tinggi daripada SD Non Alam dalam pelaksanaan pembelajaran sains. Penelitian ini merupakan studi komparasi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas III, siswa kelas III dan kepala sekolah di SD Alam (SDIT Alam Nurul Islam) dan SD Non Alam (SD Negeri Samirono) Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tentang karakteristik siswa, apa yang telah dilakukan guru dalam pembelajaran sains, dan ketersediaan fasilitas pembelajaran; observasi dilakukan untuk mendapatkan data proses pembelajaran yang terjadi; tes dilakukan untuk mengukur prestasi siswa; angket untuk mengetahui persepsi guru dan siswa tentang pelaksanaan pembelajaran sains; dan dokumentasi untuk mengecek keakuratan proses pembelajaran. Untuk menghindarkan subjektivitas dari observer, dilakukan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi guru kelas III dalam pelaksanaan pembelajaran sains di SD Alam lebih baik daripada kompetensi guru kelas III di SD Non Alam; (2) aktivitas siswa kelas III di SD Alam lebih tinggi daripada aktivitas siswa di SD Non Alam; dan (3) prestasi belajar siswa kelas III SD Alam lebih tinggi daripada prestasi siswa kelas III di SD Non Alam.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sains, pendidikan dasar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 01:37
Last Modified: 29 Jan 2019 12:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49953

Actions (login required)

View Item View Item